Minggu, 28 November 2010

e-commerce

Dari berbagai sumber yang saya peroleh.
Ternyata cara kerja suatu perusahaan sangat lebih mudah dengan cara e-commerce ..dimana kita tidak perlu repot seperti pada perusahaan yang tidak menjalankan sistem kerja online..contohnya:
Katakanlah kita ingin jualan buku. Bila melakukan bisnis buku di dunia nyata, kita harus menyewa ruko, bayar biaya keamanan, listrik dan telepon, keluar tenaga lebih untuk aktivitas dalam ataupun luar toko. Akibatnya secara mendasar membutuhkan investasi besar. Belum lagi potensi resiko yang akan dihadapi sewaktu-waktu jika ruko tersebut terbakar ataupun kemalingan. Maka hilanglah semua modal yang ada dalam ruko. ..
sedangkan dengan menggunakan sistem kerja online atau yang biasa disebut dengan e-commerce kita tidak perlu repot lagi karena Kita cukup menyediakan website, internet, telepon dan segelas kopi serta makanan ringan untuk berjualan, serta mayoritas aktivitas tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Jadi, secara mendasar, modal yang dikeluarkan cukup kecil.
Tapi dibalik itu semua e-commerce memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri,berikut contohnya :
Kelebihan e-commerce :
> Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
> Meningkatkan daya saing perusahaan
> Menggantikan konsep manual
> Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
> Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
> Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.

Kekurangan e-commerce :
> Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
> Penjelasan produk kurang jelas
> Harga terkadang tidak sesuai
> Produk kurang dikenal oleh masyarakat
> Kurang aman dalam melakukan transaksi
> Tampilan produk kurang jelas
> sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
jika data-data tersebut hilang? Setiap server tempat menyimpan data-data jualan biasanya mempunyai offsite/mirror backup. Sehingga cukup meminta untuk restore backup, toko kita online lagi. Cukup simpel kan?

Jadi kesimpulannya bahwa e-commerce adalah suatu konsep yang menggantikan konsep manual menjadi otomatis.menggunakan e-commerce juga tidak perlu repot atau menghabiskan waktu dengan aktifitas diluar sana.menurut saya “LEBIH MENGUNTUNGKAN”

0 komentar:

Posting Komentar